Luka Bathin? Lalu, bagaimana?

December 14, 2018
Waktu akan menyembuhkan…..
Benarkah waktu akan menyembuhkan luka bathin yang kita alami? 
Ternyata jawabannya tidak.
Waktu tidak akan pernah menyembuhkan luka bathin yang pernah ada, namun luka tersebut tertanam di alam bawah sadar kita. Inilah yang dikatakan oleh Deddy Susanto, pakar Pemulihan Jiwa.
Lalu bagaimanakah cara menyembuhkan luka bathin?
Menurut Deddy Sutanto, cara menyembuhkan luka bathin yaitu:
Pertama, me time. Setiap dari kita butuh me time. Situasi dimana kita menjadi diri kita apa adanya, dapat melakukan apa yang kita suka. Tanpa peduli bagaimana orang lain akan menilai kita.
Kedua, mencurahkan isi hati. Mengapa ini menjadi penting? Dengan mencurahkannya, kita akan membuang sampah yang menumpuk di dalam hati . Apabila dibiarkan, maka sampah tersebut akan menumpuk di alam bawah sadar. Dalam hal ini, penting juga untuk melihat kepada siapa kita mencurahkannya. Menurut Deddy Sutanto, curahkanlah dengan mereka yang lebih kuat, agar kita menjadi lebih kuat.
Ketiga, apabila memiliki masalah, maka jumpai orang yang sedang bermasalah dengan kita. Sampaikanlah apa yang menjadi ganjalan di hati kita, agar sampahnya tidak menumpuk.
Keempat, menjumpai tenaga professional, misalnya psikolog. Dalam berbicara dengan tenaga profesional pun sebaiknya jumpailah yang jenis kelaminnya sama dengan kita. Tujuannya apa? Agar keterikatan secara emosional dengan tenaga professional tidak terjadi. Hal ini rentan terjadi.
Semoga bermanfaat….

No comments:

Powered by Blogger.